Membuat 3D model di Altium

Taukah kalian bahwa Altium Designer mampu membuat 3D model dari PCB yg kita rancang, termasuk dengan komponen yg terasembli di PCB??? Software yg powerfull ini memang bikin hidup engineer lebih menyenangkan wekekeke :DBayangkan, dalam sebuah kantor bisa saja terdiri dari tim mekanik dan juga elektronik, contohnya seperti di kantor saya. Nah dengan software ini, kami para engineer dengan mudah bertukar fileĀ 3D antar divisi (elektronik ke Mekanik atau sebaliknya juga bisa). File 3D yg biasa saya gunakan untuk barter design adalah STP file. Contohnya saat saya memiliki design PCB dan saya ingin membuat sebuah casing, maka saya serahkan file 3D STP saya (include dgn komponen yg terasembli dan juga lubang spaicer yg saya gunakan) maka nantinya team mekanik akan dengan mudah merancang casing yg sesuai dengan dimensi yg saya perlukan tanpa kawatir terjadi salah ukuran.

Sebaliknya saat tim mekanik memiliki design dan engineer elektricalnya yg harus mengikuti dimensi dari tim mekanik, maka hal itu juga mampu. Tetapi biasanya option pertama yg lebih sering dipakai.

Ada 2 option dalam penggunaan 3D file ini. Yang pertama adalah stand alone (saya lupa istilah di settingnya, nanti saya revisi lagi artikel ini), artinya setelah file 3D di masukkan didalam Altium,maka apapun yg terjadi pada file tidak akan merubah design yg sudah di upload di Altium. Yg kedua adalah link (yg ini juga lupa istilah aslinya, hehehe). Nah ini sangat berfungsi saat design masih dalam taraf prototype, sehingga saat ada update file, maka design yg sudah di upload di Altium akan memberikan konfirmasi bahwa file terupdate dan saat kita klik OK maka design akan direvisi dgn yg baru

Untuk tutorial membuat 3D di Altium, bisa lihat video berikut dari Robert Feranec

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 705 other followers

